2011: Girls' Generation, ekspansi internasional, dan The Boys[sunting]
Album mini "Hoot" disertifikasi Gold oleh Record Industry Association of Japan dengan penjualan yang telah melebihi 100.000 kopi.[88] Pada awal tahun 2011, Girls' Generation mempersiapkan sebuah lagu baru berjudul "Visual Dreams", sebagai bagian dari promosi untuk prosesor Intel Core generasi kedua di Asia.[89] Video klip untuk "Visual Dreams" dirilis tanggal 17 Januari yang disertai berbagai macam kampanye promosi termasuk musik baru, video klip 2D dan 3D, situs internet, foto-foto dan display di toko-toko komputer.[90]
Dalam paruh kedua Januari, diumumkan bahwa kelompok akan kembali ke pasar Jepang melalui pelepasan versi Jepang "Run Devil Run" sebagai singel digital, dirilis pada 25 Januari 2011.[91]
Pada pertengahan Januari diumumkan bahwa mereka akan akan kembali ke pasar musik Jepang dengan perilisan versi bahasa Jepang dari "Run Devil Run" sebagai singel digital, dijadwalkan untuk dirilis pada 25 Januari 2011.[92]
Tanggal 20 Januari, di Seoul Music Awards ke-20 mereka menerima penghargaan Artist of the Year, Bonsang prize, Popularity Award dan Hallyu Award. Dengan ini Girls' Generation menjadi satu-satunya artis di sejarah musik Korea selain, Jo Sungmo dan H.O.T. yang berhasil memenangkan penghargaan Artist of the Year dua tahun berturut-turut di Seoul Music Awards. Mereka juga menjadi satu-satunya girl group dalam sejarah yang menerima penghargaan Artist of the Year di Seoul Music Awards, dan Melon Music Awards selama dua tahun berturut-turut. [93]
Girls' Generation menerima gelar Korea's No. 1 Power Celebrity dari Forbes Korea.[94] Mereka tampil di konser ulang tahun ke-50 stasiun televisi MBC, Korean Music Wave in Bangkok di Thailand pada 12 Maret 2011 yang menandai penampilan pertama mereka di Thailand sejak Pattaya Music Festival bulan Maret 2009.
Tanggal 8 Maret, Universal Music Japan memberikan informasi di situs resmi mereka tentang perilisan singel ketiga dan tur konser Jepang pertama Girls' Generation. Pada tanggal 27 April Girls' Generation akan merilis album singel Jepang ketiga "Mr. Taxi/Run Devil Run" yang di dalamnya terdapat lagu original berbahasa Jepang mereka yang pertama "MR. TAXI"[95] dan versi bahasa Jepang dari lagu Korea mereka "Run Devil Run". Sebagian keuntungan dari penjualan singel tersebut akan disumbangkan ke Palang Merah Jepang untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Sendai 2011.[96] Saat itu diumumkan juga bahwa Girls' Generation akan menggelar konser keliling Jepang bertajuk "The 1st Japan Arena Tour" yang akan dimulai di Osaka pada 31 Mei. Total sebanyak 14 konser di 6 kota akan berlangsung selama satu setengah bulan.[97]
Di 2011 VMAJ, Girls' Generation dinominasikan di tiga kategori yaitu "Best Group Video", "Best Video Of The Year" dan "Best Karaokee! Song".[98] Girls' Generation membawakan dua lagu di acara yang juga dihadiri oleh artis terkenal dunia seperti Lady Gaga tersebut.[99] Pada tanggal 2 Juli, diumumkan bahwa mereka memenangkan dua dari tiga nominasi yaitu "Best Group Video" dan "Best Karaokee! Song" untuk "Genie".[100]
Tanggal 1 Juni 2011, mereka merilis album studio Jepang pertama yang bertajuk Girls' Generation. Album ini memuat 12 lagu termasuk singel "Genie", “Gee”, "Run Devil Run", "Mr. Taxi/Run Devil Run" dan versi Jepang dari "Hoot".[101]
Album Girls' Generation disertifikasi Platinum oleh Recording Industry Association of Japan pada 14 Juni 2011 dan Double Platinum pada 8 Juli 2011.[102][103] Grup ini juga mencetak rekor sebagai artis luar negeri dengan total penjualan album pertama tertinggi di Jepang. Girls' Generation adalah artis keempat yang mencapai posisi nomor 1 di chart album mingguan Oricon setelahBoA, TVXQ dan Big Bang,[104] dan menjadi artis Korea ketiga yang melewati angka penjualan 500.000 kopi setelah BoA dan TVXQ. Seiring dengan popularitas mereka yang semakin bertambah, Girls' Generation pun menjadi artis luar negeri berpenghasilan tertinggi di Jepang pada paruh pertama tahun 2011.[105] Album Girls' Generation telah terjual sebanyak lebih dari 629.436 keping, menjadikannya sebagai album oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon.
Belakangan ini, Girls' Generation sedang sibuk dengan tur Asia kedua mereka. Dua konser pertama telah diselenggarakan di Seoul pada 23 dan 24 Juli, diikuti dengan konser di Taipei, Taiwantanggal 9, 10 dan 11 September, serta di Singapura pada 9 dan 10 Desember.
Girls' Generation dinamai "The Most Influential Entertainers in Korea" untuk tahun 2011 oleh SISA Press setelah pada tahun sebelumnya berada di posisi keenam.[106]
Pada tanggal 26 September 2011 S.M. Entertainment mengumumkan bahwa Girls' Generation akan kembali dengan album Korea ketiga mereka "The Boys. Foto teaser mereka memiliki konsep cerita dongeng dan foto pertama yang menampilkan Taeyeon dirilis pada hari itu juga, disusul oleh Sunny dan Hyoyeon pada 27 September, Jessica, Sooyoung dan Tiffany pada 28 September serta Yoona, Yuri, dan Seohyun pada 29 September. Video teaser pertama untuk "The Boys" dirilis pada 1 Oktober 2011 melalui kanal YouTube milik S.M. Entertainment.[107]
Pengaturan pemandangan mereka di pasar internasional, Girls' Generation menandatangani kontrak dengan Universal Music Group pada tahun 2011 untuk merilis Amerika Serikat material di bawah Interscope Records.[108] Girls’ Generation pada awalnya dijadwalkan untuk merilis album ketiga The Boys lewat iTunes dan berbagai situs musik di Asia termasuk Korea pada 5 Oktober 2011. Namun pada 30 September diumumkan bahwa peluncuran album tersebut telah ditunda karena adanya diskusi tentang perilisan album ini di seluruh dunia, yang detailnya akan segera diungkap segera setelah tercapai kesepakatan.[109][110] Pada 10 Oktober dikonfirmasi bahwa album tersebut akan dirilis pada 19 Oktober 2011 dan Girls' Generation akan membawakan lagu "The Boys" untuk pertama kalinya di acara KBS Music Bank pada 21 Oktober.[111]
Singel utama album ketiga mereka, "The Boys" dirilis dalam dua bahasa yaitu Korea dan Inggris. Lagu tersebut diciptakan dan diaransemen oleh yang pernah menjadi produser Michael Jackson.[112] Hanya dalam waktu beberapa menit setelah "The Boys" dirilis, album tersebut langsung menerima "all-kill" di berbagai tangga lagu situs musik online maupun offline di Korea. Meskipun tidak mencatat pada Hot 100, lagu berhasil puncak di dalam Top 30 pada grafik di iTunes Amerika Serikat, menjual lebih dari 21.000 eksemplar dan menjadi salah satu penjualan terbaik K-Pop lagu, pada waktu itu, di Amerika Serikat.[113] Album berjudul sama terjual 227.994 eksemplar dalam waktu dua belas hari di Korea Selatan, menjadi album terlaris pada bulan Oktober dan ketiga terbaik penjualan album tahun 2011. Pada akhir Desember, "The Boys" telah menjual 150.000 eksemplar lanjut, membawa total 385.348 eksemplar, menjadi album terlaris di Korea Selatan pada tahun 2011.[114] Pada tanggal 21 Oktober, Girls' Generation memulai promosi mereka untuk album ketiga dengan membawakan lagu "The Boys" dan "Mr. Taxi" di KBS Music Bank. Pada 23 Oktober 2011, itu dikonfirmasi oleh anggota pada tanggal New York City dari SMTown World Tour II, bahwa "The Boys" maxi-single akan dirilis secara internasional pada 19 November 2011, meskipun tanggal itu kemudian dipindahkan ke Desember 8, 2011. Dengan hanya dua bulan dari penjualan, The Boys berhasil menjadi yang terbaik 10 penjualan track digital di negara asalnya dari 2011, telah menjual 3.032.658 eksemplar sejak rilis Oktober. Pada April 2012, album itu terjual lebih dari 410.000 kopi di Korea Selatan, menetapkan rekor Gaon Chart untuk album terbaik, penjualan non-dikemas ulang dalam sejarah grafik.[115]
Pada tanggal 11 November dikabarkan bahwa Girls' Generation akan merilis buku foto resmi pertama mereka di Jepang yang berjudul “Holiday”. Selain itu dokumentasi tur konser Jepang pertama mereka akan tersedia baik dalam bentuk blu-ray maupun DVD dan akan dirilis pada 14 Desember.[116] "Holiday" menembus posisi no. 1 dalam kategori fotografi di chart penjualan buku di Jepang. Buku tersebut memuat koleksi foto mereka saat menikmati liburan, dan berhasil terjual lebih dari 17.000 eksemplar hanya dalam waktu satu minggu.[117] pada tanggal 29 November Girls' Generation tampil dalam acara M'Net Asian Music Award 2011 dengan menampilkan lagu The Boys dalam versi remix. Dalam acara itu pula Girls' Generation mendapatkan dua penghargaan sebagai Best Female Group dan Artist Of The Year.
Girls' Generation ikut berpartisipasi dalam album kompilasi "2011 Winter SMTown: The Warmest Gift" dengan lagu berjudul "Diamond". Album tersebut dirilis pada 13 Desember 2011.[118]
Pada tanggal 7 Desember 2011, diumumkan bahwa Girls 'Generation akan merilis repackaged dari debut album Jepang "Girls' Generation", yang berisi versi Jepang dari "The Boys", dan versi remix dari "The Great Escape", "Bad Girl", dan "Mr. Taxi". Ini juga berisi lagu baru, "Time Machine". Album ini dirilis pada tanggal 28 Desember 2011, dan, bersama dengan album awal, "Girls' Generation" melewati penjualan lebih dari 800.000, dengan pengiriman 1 juta.[119] Album menempati nomor lima di chart Oricon Weekly CD Albums untuk minggu kedua Januari 2012 (Jan 9 - 15)[120] dan Oricon mengumumkan bahwa itu adalah pertama kalinya dalam sejarah bahwa album oleh artis Korea telah ditempatkan di Top 10 selama tujuh belas minggu. Pemegang rekor sebelumnya adalah soundtrack asli untuk drama Korea “Winter Sonata”, yang tetap di Top 10 selama enam belas minggu.[121][122] Karena rilis Jepang mereka, kelompok peringkat kelima di antara artis Jepang dalam hal keuntungan moneter, kelompok ini telah menghasilkan lebih dari 4,5 miliar Yen (US $ 57 juta) untuk 2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar