Senin, 12 Agustus 2013

sejarah snsd tahun 2007 - 2008

2007–2008: Debut dan album pertama[sunting]

Pada bulan Juli 2007, Girls' Generation menjalani penampilan pertama tak resmi di Mnet School of Rock, di mana mereka membawakan singel pertama mereka yang berjudul "Into the New World" (다시 만난 세계, Dasi Mannan Segye). Sebuah acara dokumenter yang menceritakan kisah debut grup ini bertajuk Girls' Generation Goes to School juga direkam pada saat itu, menampilkan para anggota saat mereka pindah ke sebuah apartemen bersama-sama dan berlatih untuk penampilan mereka nantinya di atas panggung.

Girls' Generation tampil di Rajamangala Stadium di Bangkok, Thailand pada bulan Februari 2008.
Singel pertama grup ini dirilis tak lama setelahnya, termasuk di dalamnya adalah versi instrumental dari "Into the New World" serta dua lagu lainnya: "Beginning" dan "Perfect for You." Girls' Generation memulai debutnya secara resmi pada 5 Agustus 2007 dengan tampil di SBSInkigayo, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan di MBC Music Core dan KBS Music Bank. "Into the New World" meraih posisi no. 1 di M! Countdown.
Grup ini merilis album pertama mereka pada akhir musim gugur tahun 2007 dengan singel utama berjudul "Girls' Generation" (소녀시대, Sonyeo Sidae), sebuah daur ulang dari lagu milik Lee Seung-chul. Promosi untuk singel ini dimulai pada awal November. Album ini juga memuat singel pertama mereka "Into the New World", "Perfect For You" (dengan judul baru "Honey"), serta delapan lagu lainnya, dan berhasil terjual lebih dari 100.000 keping. [23]
Pada awal 2008, Girls' Generation mulai mempromosikan singel kedua dari album pertama mereka, "Kissing You", yang mengantarkan grup ini memenangkan piala K-chart pertama mereka setelah berhasil menempati posisi pertama di Music Bank.[24] Lagu ini juga meraih ranking pertama di Inkigayo dan M.Countdown!.
Pada bulan Maret 2008, album pertama mereka dikemas dan dirilis ulang dengan judul baru Baby Baby. Girls' Generation merilis teaser untuk singel "Baby Baby" pada 15 Maret 2008. Singel ini dirilis di situs musik digital pada 17 Maret 2008. Mereka juga menampilkan "Baby Baby" di berbagai acara musik seperti Music CoreInkigayo dan M! Countdown pada bulan Maret dan April. Promosi untuk album ini berakhir pada 13 April 2008 di Inkigayo.[25]
Jessica, Tiffany dan Seohyun ikut mengambil bagian dalam album mini yang dirilis oleh Roommate, sebuah one-man band dari Purple Communication. Album mini tersebut berjudul Roommate: Emotional Band Aid, dan dirilis pada 1 Desember 2008. Lagu yang mereka nyanyikan berjudul "Oppa Nappa" (오빠 나빠; Bad Brother) terlebih dahulu dirilis secara digital pada bulan April 2008. Lagu ini sempat dibawakan secara live di InkigayoMusic Bank, dan M! Countdown.[26][27]
Tak lama kemudian, tiga anggota tersebut juga merilis "Mabinogi" (It's Fantastic!), sebuah lagu tema untuk game dari NexonMabinogi.[28] Acara realitas Mnet Factory Girl mengisahkan tentang para anggota yang bekerja sebagai intern di majalah mode Elle Girl.[29] Program ini mulai tayang pada awal Oktober.[30] Pada akhir tahun 2008, grup ini juga berpartisipasi di konser SMTown Live '08 bersama artis-artis SM Town lainnya. Tur konser ini menyambangi tiga negara yakni Korea Selatan, Thailand, dan Cina.
Pada 26 Desember 2008, poster-poster anggota Girls' Generation mengenakan roller-skates terpampang di berbagai lokasi di Seoul.[31] Tak lama kemudian S.M. Entertainment mengonfirmasi bahwa poster-poster tersebut memang merupakan poster teaser dan Girls' Generation akan segera merilis album mini pertama mereka, Gee, pada bulan Januari 2009.[32]

2009: GeeTell Me Your Wish (Genie), tur Asia pertama, dan peningkatan popularitas[sunting]


Girls' Generation menghadiri 2009 Cyworld Digital Music Awards.
Sebuah video teaser dirilis pada Januari 2009 dan tak lama setelahnya, singel terbaru berjudul "Gee" pun dirilis. Lagu ini berhasil meraih posisi puncak di seluruh tangga lagu musik digital hanya dalam jangka waktu dua hari setelah dirilis.[33] Girls' Generation memulai aktivitas promosi pada Januari 2009 di MBC Show! Music Core di mana mereka menyanyikan "Gee" dan "Himnae (Way to Go)". Seminggu setelah perilisan, "Gee" memperoleh posisi pertama di KBS Music Bank dan SBS Inkigayo. "Gee" menjadi sebuah hits fenomenal, memecahkan rekor di Music Bankuntuk lagu yang paling lama berada di puncak yakni selama sembilan minggu berturut-turut, serta meraih triple crown di Inkigayo. S.M. Entertainment menyatakan bahwa lebih dari 100.000 kopi album ini telah didistribusikan, sementara perusahaan analisa penjualan Hanteo melaporkan album ini telah terjual lebih dari 30.000 kopi dalam sepuluh hari pertama setelah perilisan. Lagu ini juga menunjukkan dominasinya di tangga lagu lainnya, memuncaki tangga lagu MujikonMelon dan Mnet selama delapan minggu berturut-turut, Dosirak selama tujuh minggu, Museselama enam minggu, dan Baksu selama empat minggu.[34][35] "Gee" mendapatkan gelar song of the decade dari situs musik Korea, MelOn.[36]
Setelah rehat sejenak, S.M. Entertainment mengumukan bahwa Girls' Generation akan kembali dengan sebuah album mini baru yang menampilkan konsep "Marine Girl". Singel baru mereka diberi judul "Tell Me Your Wish (Genie)", dan albumnya dirilis secara digital pada 22 Juni 2009. Perilisan album dalam bentuk fisik ditunda oleh S.M. Entertainment untuk menggarap ulang cover album, dan akhirnya dirilis empat hari kemudian pada 29 Juni 2009.[37][38] Grup ini memulai kegiatan promosi pada 26 Juni 2009 dengan tampil di KBS Music Bank,[39] yang kemudian disusul dengan penampilan di MBC Show! Music Core dan SBS Inkigayo. Kemenangan pertama mereka untuk singel "Genie" diperoleh pada 10 Juli 2009 di Music Bank, disusul kemenangan kedua di Inkigayo pada 12 Juli 2009. Kesuksesan lagu ini terbukti dengan keberhasilannya memuncaki berbagai tangga lagu digital, termasuk di antaranya Melon, Dosirak, Mnet, dan Bugs.[40] Penjualan album pada minggu pertama mencapai angka 50.000 kopi (hampir dua kali angka penjualan minggu pertama Gee), pencapaian yang tidak biasa untuk sebuah girl group Korea.[41] Per tahun 2010, album ini sudah terjual lebih dari 200.000 kopi.[42] Girls' Generation mengakhiri promosi untuk "Genie" pada 15 Agustus 2009.[43]
Pada bulan November 2009, S.M. Entertainment mengumumkan tur konser pertama Girls' Generation yang bertajuk Into the New World. Tiket untuk konser ini mulai dijual pada 19 November[44]dan berhasil terjual habis hanya dalam waktu tiga menit.[45] Tur dimulai di Olympic Park Fencing Stadium pada 19 dan 20 Desember dan berlanjut ke kota-kota lainnya di Asia, termasuk Shanghai.[46] Belakangan, diumumkan bahwa Girls' Generation akan menggelar konser encore pada 27 dan 28 Februari 2010

cr : wikipedia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar